Software As A Service

Mengenal Apa Itu Software As A Service dan Contoh Aplikasinya

Dalam ekonomi digital saat ini, Anda terhubung ke teknologi berbasis cloud atau saaS atau Software As A Service. Saas adalah perangkat lunak sebagai layanan yang memfasilitasi kinerja operasi sehari-hari. Untuk informasi lebih lanjut tentang saas, mari simak ulasan berikut ini.

Ketahui Apa itu Software As A Service (Saas)

Beberapa orang mungkin tidak mengerti apa itu. Tanpa disadari, SaaS mengetahui kehidupan sehari-hari dengan baik, seperti Microsoft Office, Google Docs, dll.

Software yang dapat digunakan dan diakses melalui Internet tanpa perlu membeli perangkat lunak atau sistem atau perangkat keras. Karena berada di server berbasis cloud, Anda tidak perlu mengunduh perangkat lunak untuk menjalankan atau menjalankan pembaruan sistem.

Yang Anda butuhkan untuk mengakses dan menggunakan yang saya dapatkan hanyalah internet. Penyedia pengunaan juga telah memastikan ketersediaan dan keandalan aplikasi sehingga Anda, sebagai pengguna, dapat langsung menggunakannya tanpa perlu berinvestasi atau membeli lisensi yang relatif mahal.

Software As A Service

Aplikasi Software As A Service (Saas)

Berkat perkembangan teknologi yang semakin maju dan cepat, beberapa perusahaan memanfaatkan celah yang ada, yaitu bisnis SaaS. Bisnis Software As A Service adalah perusahaan atau perusahaan dari perusahaan yang menggunakan polusi. Pada umumnya produk saas enterprise dapat diakses secara online, melalui media aplikasi, atau melalui browser.

Di Indonesia, banyak startup digital yang mengembangkan produk SaaS. Berikut daftar startup yang menggunakan aplikasi SaaS di Indonesia.

1. Jubelio

Belakangan ini bisnis online semakin populer di masyarakat dengan pesatnya perkembangan e-commerce. Salah satu tool berbasis cloud yang menyediakan alat untuk mengelola pesanan pembelian di berbagai situs toko adalah Jubelio. Tidak hanya bisnis online, pemilik toko offline juga menggunakan aplikasi karena secara otomatis menggabungkan data transaksi bisnis online dan offline.

2. Gawean

Gawean merupakan salah satu portal rekrutmen pekerja hotel, retail dan food and beverage untuk memudahkan kedua belah pihak, pelaku bisnis dan pelamar, untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan aplikasi ini, proses rekrutmen tidak memakan waktu lama dan tidak memakan banyak biaya.

Dibandingkan dengan aplikasi pencari kerja lainnya, Gawean memiliki sistem penilaian yang berbeda, yaitu klasifikasi profil calon karyawan. Tujuannya adalah untuk membantu perusahaan menemukan kandidat yang cocok dan dengan demikian mempercepat proses rekrutmen.

3. AkuntansiOnline

Seperti namanya, aplikasi ini menyediakan alat sistem akuntansi virtual yang memberikan saran selain pengunaan akuntansi. Perusahaan ini dimulai bersama dengan PT. Zahir Internasional memfasilitasi 3 bidang yaitu pembuatan SOP perusahaan dan sistem akuntansi kantor, konsultasi bisnis dan penggunaan pelaporan keuangan.

4. NoLimit

NoLimit adalah alat platform data besar yang didasarkan pada ide startup Bandung untuk memantau dan menganalisis jejaring sosial. NoLimit memiliki 3 pilar produk utama, NoLimit Care, NoLimit Dashboard dan Online Loyalty.

Salah satu aplikasi yang memberikan dukungan bisnis untuk layanan pelanggan di media sosial, seperti Facebook atau Instagram, adalah NoLimit Care. Dashboard NoLimit memiliki sistem yang membantu pengguna menganalisis dan melacak informasi media sosial, termasuk kampanye online pesaing dan wawasan dari musik online.

5. Quintal

Quintal merupakan alat yang mendukung kebutuhan manajemen sekolah khususnya LMS (Learning Management System) dan sistem informasi manajemen sekolah. Quintal juga menawarkan alat pembelajaran online untuk membantu guru mengunduh tugas ujian dan bahan ajar. Sistem Quintal juga dirancang untuk memudahkan orang tua melacak kemajuan anak mereka di sekolah.

6. Sales1CRM

Sales1CRM adalah layanan berbasis cloud yang berfokus pada sektor korporasi. Tujuan dari penggunaan Sales1CRM adalah untuk membantu perusahaan menjalankan tim penjualan secara lebih produktif, kompetitif, dan efisien.

7. Gadjian

Gadjian adalah layanan manajemen sumber daya manusia yang tersedia dalam alat berbasis web dan aplikasi seluler. Gadjian mendukung berbagai pengunaan, seperti menyediakan fungsi bagi perusahaan untuk melacak karyawan yang bekerja di luar kantor, mengelola manajemen waktu, dan berbagai kebutuhan SDM untuk pembayaran tunai, liburan, lembur, dan banyak lagi.

8. Sleekr

Sleekr adalah aplikasi akuntansi yang kini menjadi solusi perusahaan yang komprehensif. Salah satu pengunaan yang ditawarkan Sleekr adalah administrasi perpajakan yang terintegrasi dengan sistem akuntansi online perusahaan.

Sleekr pada awalnya dirancang untuk memfasilitasi akuntansi SDM UKM dan perusahaan, dan sekarang Sleekr juga terintegrasi ke dalam berbagai alat seperti mPOS dan Kartunama.net.

9. MailToGo

MailToGo adalah aplikasi online yang dirancang untuk membantu dan memudahkan para pebisnis memasarkan produknya melalui saluran email. Aplikasi ini berfokus pada pemasaran alat otomatisasi email dan dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru. Aplikasi ini juga membantu banyak rumah komersial bersaing dengan produk asing.

Jelaskan apa itu saas, dan aplikasi saas dapat meningkatkan pengetahuan Anda. Meskipun masih asing di telinga Anda, aplikasi SaaS sangat dekat dengan Anda dan tentu saja berperan dalam kehidupan sehari-hari.

Terima kasih