Pengertian WHM, Manfaat, Berikut Fitur dan Kegunaannya

Anda mungkin bertanya: Apa itu Pengertian WHM? Penasaran kenapa control panel ini sering digabungkan dengan cPanel, control panel hosting yang populer? Jadi apa perbedaan antara keduanya?

Nah, ada banyak pertanyaan yang perlu dijawab. Jangan khawatir, kami akan membahas Pengertian WHM, Manfaat, Berikut Fitur dan Kegunaannya di artikel ini.

Pengertian WHM adalah panel yang digunakan untuk mengelola akun cPanel sehingga Anda dapat memantau beberapa cPanel dari satu dasbor. Pelajari selengkapnya di artikel selengkapnya di bawah ini!

Pengertian WHM

Pengertian WHM

Web Host Manager atau biasa dikenal dengan WHM adalah sebuah panel manajemen akun untuk cPanel. Dengan kata lain, WHM adalah panel kontrol akun cPanel.

Jadi aneh kan kalau WHM selalu terkoneksi dengan cPanel?

Anda dapat dengan mudah memantau penggunaan sumber daya cPanel, mengkonfigurasi pengaturan, dan mengedit akun cPanel Anda langsung dari WHM. Bahkan, Anda dapat mengelola beberapa akun cPanel dengan satu akun WHM.

Menggunakan dashboard ini sangat cocok bagi Anda yang perlu memonitor beberapa akun cPanel. Misalnya bagi Anda yang ingin menjalankan perusahaan reseller hosting.

Panel kontrol ini biasa digunakan dalam layanan manajemen Virtual Private Server (VPS). Alasannya adalah VPS mengelola server dan lebih banyak sumber daya daripada shared hosting. Jadi lebih mudah untuk berbagi sumber daya dengan setiap akun cPanel nanti.

Anda sudah tahu apa itu WHM. Nah sebagai pengelola akun cPanel, manfaat WHM mungkin menjadi alasan mengapa Anda harus mulai menggunakannya?

Manfaat WHM

Panel kontrol yang digunakan pada VPS ini memiliki banyak keunggulan, antara lain:

  • Pengelolaan akun cPanel lebih mudah dikelola. Anda dapat dengan mudah memantau aktivitas setiap cPanel. Bahkan, Anda juga dapat menentukan bandwidth dan ruang disk yang akan digunakan untuk setiap akun cPanel.
  • Mudah digunakan. Antarmuka yang ramah pengguna membuatnya mudah untuk beradaptasi dengan WHM. Panel kontrol dengan antarmuka pengguna grafis (GUI) ini memudahkan konfigurasi server bahkan bagi mereka yang tidak memiliki pengetahuan teknis.
  • Dengan cepat. Membuat akun cPanel hanya dengan beberapa klik saja. Selain membuat pengaturan atau pemantauan akun cPanel Anda dengan mudah dan cepat di dasbor WHM.
  • Aman. Anda membuat akun cPanel yang berbeda untuk setiap domain. Jadi jika satu domain diretas, domain lainnya tidak akan terpengaruh dan akan tetap aman.
  • Ada banyak fitur. Panel kontrol ini memiliki banyak fitur untuk mengelola akun cPanel Anda, seperti menyediakan CMS kepada pengguna cPanel, plug-in cPanel, fitur cadangan, dan banyak lagi.
  • Kompatibel dengan browser yang berbeda. cPanel WHM dapat bekerja dengan beberapa browser yang berbeda, termasuk Opera, Safari, Mozilla Firefox, Chrome dan Internet Explorer.
  • Harga lebih murah. Dengan cPanel WHM yang sederhana dan mudah digunakan, Anda dapat mengurangi biaya teknis dan administrasi Anda. Anda juga dapat membuat beberapa akun cPanel dengan satu akun WHM. Semakin rendah harga, semakin banyak manfaat yang Anda dapatkan.
  • Dapat digunakan sebagai agen hosting. Bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis reseller hosting, menggunakan WHM adalah pilihan yang tepat. Di WHM, Anda dapat membuat akun cPanel baru dan menjualnya ke pengguna lain.
  • Dapat digunakan untuk merek bisnis Anda. Mencakup merek khusus untuk menyesuaikan gaya dan merek perusahaan manajemen pengecer Anda. Ini akan memberi Anda tampilan unik yang akan menjadi identitas perusahaan Anda.

Sekarang Anda tahu beberapa manfaat dari WHM. Selanjutnya, cari tahu fitur apa saja yang ditawarkan WHM dan cara kerjanya!

Fitur dan Kegunaan WHM

Berikut beberapa fitur dan kegunaan WHM:

1. Membuat, menghapus, dan menangguhkan akun cPanel

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, WHM memungkinkan Anda untuk membuat beberapa akun cPanel. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Buat Akun Baru. Anda dapat membuat halaman default untuk setiap akun yang Anda buat.

Selain itu, Anda juga berhak untuk menghapus atau menangguhkan beberapa akun cPanel melalui fitur Daftar Akun. Ini dapat dilakukan jika pelanggan Anda melanggar perjanjian atau akun telah kedaluwarsa.

2. Mengakses zona DNS untuk semua domain WHM

WHM memungkinkan Anda untuk menggunakan zona DNS di semua domain. Ini dimungkinkan karena Anda adalah administrator dari semua akun hosting yang Anda miliki.

3. Server pemantau

Anda dapat memantau aktivitas server secara langsung melalui WHM dengan fitur-fitur berikut:

  • Process Manager: Fungsi ini memantau semua proses yang sedang berjalan di server.
  • Service Manager: Mengontrol aktivitas latar belakang (background activity).
  • Show Current Disk Usage: Menunjukkan penggunaan ruang penyimpanan.

4. Instalasi dan manajemen SSL

SSL adalah bagian penting dari situs web. Apalagi jika Anda seorang reseller, memberikan keamanan SSL untuk memastikan keamanan website pelanggan Anda tentu sangat dianjurkan.

Pelanggan pasti memilih hosting dengan semua fitur dan layanan, bukan?

Oleh karena itu, untuk mendukung bisnis Anda, WHM memiliki fitur SSL/TLS yang dirancang untuk menginstal dan mengelola SSL.

5. Melakukan Kustomisasi Brand untuk Bisnis Anda

Bahkan jika Anda tidak menjual produk Anda sendiri sebagai reseller hosting, Anda masih dapat menyesuaikan branding Anda untuk membuat bisnis hosting Anda terasa seperti milik Anda sendiri.

Fitur kustomisasi dari WHM adalah solusi, fitur ini mendukung Anda untuk dapat menyesuaikan merek Anda. Anda dapat menambahkan logo Anda sendiri, menautkan ke dokumen, menyesuaikan tampilan cPanel, dan menambahkan profil bisnis Anda secara keseluruhan.

6. Kelola paket hosting yang ditawarkan

Jika Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri sebagai reseller, Anda dapat menawarkan berbagai paket hosting kepada pelanggan Anda.

WHM menghadirkan kemudahan pengelolaan sumber daya dengan kapasitas berbeda untuk setiap paket hosting yang Anda tawarkan.

Jadi Anda dapat memiliki paket hosting yang berbeda dengan harga yang berbeda tergantung pada jumlah sumber daya yang digunakan (ruang penyimpanan atau ruang penyimpanan).

Selain itu, WHM memudahkan Anda untuk memberikan pembaruan domain di hosting Anda tanpa mentransfer file apa pun yang ada.

7. Konversikan file ke format WHM

Dengan WHM, Anda sebagai reseller hosting dapat membantu pelanggan mentransfer file dari situs web dari hosting mereka sebelumnya ke hosting Anda.

8. File cadangan

WHM memiliki fitur backup otomatis yang dapat Anda aktifkan untuk setiap akun cPanel. Semua data cadangan kemudian diunggah ke penyimpanan cloud, seperti Google Drive, WebDAV, dll.

9. Keamanan Domain

Di WHM, Anda dapat melindungi domain Anda dari serangan eksternal dengan mengaktifkan fitur cPHulk Brute Force Protection. Fitur ini melindungi cPanel dari upaya brute force logon yang dapat dijalankan oleh peretas di situs web Anda.

10. Jurnalis Pasar

Market Vendor Manager merupakan fitur wajib terutama bagi Anda yang menjalankan perusahaan reseller hosting. Fitur ini digunakan untuk menampilkan dan mengelola produk yang dapat dibeli pelanggan melalui cPanel, seperti sertifikat SSL atau upgrade hosting.

11. Berikan CMS ke cPanel

Fitur Manajemen Perangkat Lunak Situs Web cPAddon memungkinkan Anda menyediakan beberapa opsi sistem manajemen konten (CMS) di cPanel klien Anda. Sistem manajemen konten ini dapat berguna untuk hosting karena dapat mempermudah pengelolaan konten situs web pelanggan.

12. Menyediakan plug-in untuk cPanel

WHM menyediakan fitur untuk mengelola plug-in cPanel di menu Manage Plug-in. Beberapa ekstensi yang kompatibel dengan cPanel adalah Munin (untuk pemantauan server), ClamAV (untuk anti-virus) dan Solr (untuk indeks teks).

13. Mengedit server

WHM memiliki banyak fitur yang memungkinkan Anda untuk menambahkan atau mengedit banyak hal berbeda ke server Anda. Misalnya, mengubah tema halaman login default, mengubah pesan notifikasi untuk melawan spam.

Kesimpulan

Pada artikel ini, Anda sudah tahu tentang Pengertian WHM, manfaat, fitur, dan perbedaannya dari cPanel.

Singkatnya, cPanel adalah panel kontrol yang digunakan pengguna akhir untuk mengelola akun hosting individu. Meskipun WHM adalah dasbor cPanel, biasanya digunakan oleh reseller untuk mengelola beberapa akun cPanel.

WHM memiliki banyak fitur seperti monitoring server, kemampuan backup dan CMS untuk Managed cPanel. Fitur-fitur ini juga tercermin dalam antarmuka yang ramah yang membuatnya mudah untuk dikelola.

WHM adalah panel kontrol yang kuat, tetapi masih perlu didukung oleh VPS yang kuat. Tentunya layanan VPS Cloud Hosting Niagahoster bisa menjadi pilihan yang tepat.