Tafsir Surat Al-Fatihah dalam Al-Quran dan Keutamaannya dalam Sholat

Tafsir Surat Al-Fatihah dalam Al-Quran dan Keutamaannya dalam Sholat


Tafsir Surat Al-Fatihah dalam Al-Quran dan Keutamaannya dalam Sholat

Surat Al-Fatihah adalah salah satu surat terpenting dalam Al-Quran yang sering kali disebut juga sebagai Ummul Al-Kitab (Ibu dari semua Kitab). Meski hanya terdiri dari lima ayat, namun surat ini mengandung berbagai makna dan manfaat religius yang berkaitan dengan ibadah sholat. Artikel ini akan mengulas lengkap tentang tafsir Surat Al-Fatihah dalam Al-Quran dan keutamaannya dalam sholat-nya.

Tafsir Surat Al-Fatihah

Tafsir Surat Al-Fatihah bermula dengan firman Allah SWT di dalam surat ini, yakni “Bismillahirrahmanirrahiim (Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang). Pada ayat pertama pembaca disuguhi dengan menyebut nama Allah dan mengetahui kasih dan penyayangNya. Selanjutnya, surat ini melanjutkan dengan ayat kedua yakni “Alhamdulillahi Rabbil ‘alamiin (Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam). Selanjutnya dalam ayat ketiga, dimana Allah SWT menjelaskan tentang kitabNya yang Maha Sempurna, yakni Al-Qur’an. Ayat ketiga ini menyatakan bahwa Al-Qur’an adalah Rahmat untuk semua alam semesta dan akan memberikan hidayah dan petunjuk bagi semua manusia.

Selanjutnya, ayat keempat ialah “Ar-Rahmanir-Rahim (Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang).” Ayat ini merupakan pengulangan ayat pertama. Hal ini menunjukkan bahwa Allah SWT dapat mengingat kasih-murniNya yang senantiasa tak ada tarinya. Bertepatan dengan arti nama-nama MahasuciNya, yaitu Rahim dan Rahman, yang artinya pengasih dan pemurah.

Ayat kelima pula merupakan ayat yang paling terkenal disertai keutamaan dan manfaat bagi umat Islam. Yakni “Maliki yaumid Diin (Tuhan Yang Maha Pemilik hari pembalasan).” Ayat ini berarti bahwa Allah Maha Penguasa atas Tuhang Maha Kaya dan Maha Agung pada hari pembalasan.

Keutamaan Surat Al-Fatihah dalam Sholat

Surat Al-Fatihah merupakan surat yang sangat agung dalam Al-Quran. Surat ini pun memiliki banyak kelebihan yang akan diperoleh apabila kita membacanya dalam kegiatan ibadah sholat. Setiap Muslim seyogyanya merenungkan keutamaan dan manfaat dari membaca Surat Al-Fatihah. Berbagai kesimpulan dapat diambil dari ayat-ayat yang terkandung di dalamnya; yakni antara lain :

Pertama, Memuji dan Mengagungkan Allah SWT

Membaca Surat Al-Fatihah dalam ibadah sholat merupakan cara yang tepat untuk memuji dan mengagungkan Allah SWT. Penggalan ayat “Alhamdulillahi Rabbil ‘alamiin” yang berarti “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam” dapat mengingatkan hamba kepada Allah SWT AgungNya.

Kedua, Mengulurkan Kebutuhan

Membaca Surat Al-Fatihah dalam ibadah sholat juga dapat dijadikan sebagai media untuk mengulurkan kebutuhan diri kepada Allah SWT. Penggalan ayat “Ihdinas shiroatal mustaqiim” yang berarti “Tunjukilah kami jalan yang lurus” merupakan permintaan agar Allah SWT memberikan petunjuk dan menunjukkan jalan yang lurus ke jalanNya.

Ketiga, Menjelaskan Rahmat Allah SWT

Membaca Surat Al-Fatihah juga mengingatkan hamba tentang berkah rahmat Allah SWT. Penggalan ayat yang berbunyi “Siratal ladziina an’amta ‘alayhim, ghoiril maghdzubii ‘alayhim, waladzdzalliin” yang berarti “Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukanlah jalan orang-orang yang dimurkai Allah, dan bukanlah (pula jalan) orang-orang yang sesat,” menjelaskan bahwa Allah SWT telah menganugerahkan karunia kepada hambaNya.

Kesimpulan dan Saran

Kesimpulannya, Surat Al-Fatihah merupakan surat yang sangat agung dalam Al-Quran. Surat ini disunnahkan untuk dibaca dalam sholat dan memiliki berbagai keutamaan yang dapat dicapai oleh seorang Muslim. Keutamaan tersebut antara lain adalah mengagungkan Allah SWT, mengulurkan kebutuhan dan menjelaskan rahmat dari Allah SWT. Artinya, dengan membaca Surat Al-Fatihah dalam sholat secara rutin, seorang Muslim dapat memperoleh kebaikan dan perlindungan dari Allah SWT.

Terkait artikel ini, sebaiknya setiap Muslim mencoba untuk menyelami makna dan manfaat yang terkandung di dalam Surat Al-Fatihah. Selain itu, tentunya juga diharapkan untuk membaca dan mengamalkannya di sela-sela sholat demi menggapai keselamatan diri dan keridhoan Allah SWT.

Kata Kunci: Tafsir Surat Al-Fatihah dalam Al-Quran dan Keutamaannya dalam Sholat, Pemahaman tentang Surat Al-Fatihah, Makna Surat Al-Fatihah, Keutama